Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke- 46 Bantul Tahun 2018

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke- 46 Bantul Tahun 2018

Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Wujudkan Indonesia Damai” merupakan tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kabupaten Bantul ke-46 Tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Kusmawati Suharsono saat membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat dr. Erni Guntarti Cahyo Kumolo pada acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 Tahun 2018 di Kabupaten Bantul berlangsung di Pendopo Manggala Parasamya, Senin (26/3).

Tema tersebut mengingatkan kita serta mengandung makna, melalui momentum peringatan HKG PKK diharapkan segenap jajaran TP. PKK senantiasa bahu membahu bersama masyarakat untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga di Indonesia, bahwa keluarga dan lingkungan kita harus dapat menjadi benteng utama dan pertama untuk menciptakan kondisi masyarakat yang aman, nyaman, tentram dan damai. “Jika kita dapat menciptakan kondisi tentram dan damai di masyarakat, maka akan tercipta kondisi Indonesia yang damai pula,” kata Hj. Erna Kusmawati.

“Untuk itulah,” tambah Hj. Erna, “melalui tema HKG PKK Ke-46 ini, saya ingin mendorong kita semu jajaran TP PKK agar senantiasa memberikan contoh nyata dan keteladanan dalam ikut serta menciptakan kerukunan keluarga dan lingkungan kita untuk secara bersama-sama turut mewujudkan Indonesia yang aman, nyaman, tentram dan damai.”

“Gerakan PKK,” kata Hj. Erna Suharsono, “telah berkiprah di seluruh pelosok nusantara selama 46 tahun, namun secara fakta sesungguhnya Gerakan PKK sudah berkiprah sejak tahun 1960-an. Sepanjang masa itulah Gerakan PKK senantiasa berupaya ikut menggerakkan peran serta keluarga dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan, agar mereka lebih tahu, lebih mau dan lebih mampu meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupannya.”

Sementara dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Hj. Emi Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa pada acara ini, diundang perwakilan TP. PKK unit OPD, kecamatan dan desa serta perwakilan dari Organisasi Wanita di yang ada di Kabupaten Bantul. “Kita undang pula,” katanya, “Ketua TP PKK DIY, organisai perempuan di jajaran Forkompinda se-Kabupaten Bantul.

Menurut Hj. Emi, Peringatan HKG PKK Tahun 2018, diawali serangkaian kegiatan, diantaranya Pencanangan HKG PKK Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Panggungharjo Sewon (12/10/2017). Dilanjutkan dengan berbagai lomba diantaranya lomba Pelaksanaan Terbaik Monev 10 Program Pokok PKK, Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pengelolaan PAAR, Lomba Kegiatan Pokja II, HATINYA PKK, PHBS, LBS, Posyandu dan Lomba APE serta Penghargaan Kader Terbaik dari setiap kecamatan.

Pada acara itu diselingi hiburan tari “Ambatik” oleh Sanggar Tari “Puspa Rinonce” dari Dinas Kebudayaan Bantul.

 

 

sumber: https://bantulkab.go.id/berita/3577.html

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>