TP. PKK Bantul Studi Banding di Pos Yandu Juara Nasioanl di Srumbung Magelang

Foto Berita 2785Hj. Erna Suharsono bersama rombongan saat ramah tamah dengan tuan rumah di Pos Yandu Ananda Ngumut Kecamatan Srumbung Kab. Magelang. Sebanyak 30 orang anggota TP. PKK dan perwakilan instansi terkait dari Kabupaten Bantul yang dipimpin oleh Hj. Erna suharsono melakukan kunjungan studi banding di Pos Yandu Ananda yang beberapa kali meraih juara kabupaten, propinsi hingga juara nasional.

Kedatangan rombongan dari Bantul diterima oleh perwakilan TP PKK Kabupaten Magelang Ny. Agung Triwijayanto, Camat Srumbung Agus Pur Gunarto, SH, Kepala Desa Nglumut Infron Suheri, SE dan TP PKM Desa Nglumut di Aula Desa Nglumut Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Rabu (21/12.

Dalam sambutannya Ny. Agung diantaranya menyampaikan selamat datang kepada rombongan TP PKK Kabupaten Bantul. Ny Agung juga menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan TP PKK Kabupaten Bantul kepada Pos Yandu yang ada di Desa Nglumut Kecamatan Srumbung magelang sebagai tujuan studi banding. Semoga dalam studi bandingnya TP PKK Bantul akan mendapat apa yang diinginkan dari kegiatan atau prestasi Pos yandu Ananda yang kami sajikan sebagai sempel, harap Ny. Agung.

Sementara Hj Erna Suharsono dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya atas penerimaan yang penuh keramahan di Desa Nglumut Kecamatan Srumbung, semoga akan menjadi kebaikan dari para kader Posyandu dan aparat desa Nglumut dan serta Kecamatan Srumbung dan akan bertambah prestasinya.

Kami juga berharap dengan melihat langsung kegiatan posyandu dan para kadernya, akan menambah wawasan kami dalam meningkatkan kegiatn di posyandu yang ada Kabupaten Bantul, tegas Hj. Erna.

Paparan Pos Yandu Ananda disampaikan Ketuanya Hendi Prayitno, diantaranya menyampaikan Posyandu Ananda berdiri sejak tahun 1990 tersebut mempunyai kader sebanyak 9 orang dengan jumlah anak didik 26 balita. Kegiatan dilakukan setiap Selasa pada minggu pertama. Visinya adalah Menjadikan masyarakat sehat, sejahtera, mandiri dan penuh inovasi serta mottonya Pos yandu integrasi penuh inovasi, melayani dengan sepenuh hati.

Di Pos yandu Ananda Hj. Erna beserta rombongan banyak bertanya berbagai kegiatannya, diantaranya beberapa inovasi yang dilakukan adalah memelihara kolam ikan bermitra dengan remaja dusun untuk meningkatkan gizi balita, jimpitan salak yang dilakukan setiap bulan dimana para remaja mengambil di setiap KK dengan 5 buah salak setiap bulannya . Setiap bulan terkumpul sekitar satu kwintal salak untuk dijual, hasilnya masuk di kas pos yandu. Karena di desa Nglumut semua penduduknya bertanam salak.

Inonasi lainnya yaitu setiap pagi subuh para balita dididik untuk berinfak atau sedekah subuh dengan menaruh uang receh dalam botol bekas minuman yang setiap bulan dikumpulkan. Menurut Alfiah salah satu kader yang ditemui menjelaskan bahwa setiap tahun infak terkumpul sekitar Rp. 1.000.000,-. Uang tersebut untuk kegiatan amal diantaranya diserahkan ke anak-anak yatim di kampungnya dan yayasan yatim yang ada di desa Nglumut.

Menurut Sehendi prestasi Posyandu Ananda diantaranya sebagai juara harapan II Lomba Posyandu Tingkat Nasional Tahun 2015, juara I Lomba Posyandu Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2015, juara I Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten tahun 2014, juara I Posyandu tingkat Kecamatan Srumbung tahun 2013 juara II Bina Keluarga Balita Tingkat Kabupaten Tahun 2014, juara III Bina Keluarga Remaja Tingkat Kabupaten Tahun 2014 dan juiara I Balita Sehat Tingkat Kecamatan Srumbung Tahun 2013 (Sit)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>